Ingatan Bisa Lebih Tajam Bila Rajin Berhubungan Intim

Sebuah penelitian di Rockstock University menunjukkan bahwa hubungan seks secara teratur bisa menjaga fungsi kognitif atau kecerdasan. Bahkan sampai usia 70-an tahun, seseorang tidak akan cepat pikun bila masih teratur berhubungan seks dengan pasangan resminya.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof Peter Kropp dan Dr Britta Muller ini melibatkan 170 orang dengan rentang usia 63 hingga 75 tahun. Para peneliti mewawancarai responden terkait aktivitas seksualnya, lalu melakukan tes psikologi untuk mengukur daya ingat serta tingkat kecerdasannya.


"Hasilnya jelas sekali menunjukkan bahwa dengan tetap aktif di usia lanjut, termasuk berhubungan seks, akan membantu otak tetap aktif secara kognitif," kata Prof Kropp dalam laporan ilmiahnya seperti dikutip dari Medindia, Selasa (14/2/2012).

Selain itu, hasil pengamatan juga sekaligus membantah anggapan bahwa orang lanjut usia jarang berhubungan seks. Menurut hasil pengamatan, 70 persen lansia di usia 75 tahun masih merasa puas dengan kehidupan seksualnya dibandingkan hanya 57 persen pada kelompok usia 63 tahun.

Biasanya, kaum muda di usia 20-an tahun mengira gairah seksnya akan meredup ketika memasuki usia 50-an tahun. Namun dalam penelitian ini terungkap, baik laki-laki maupun perempuan justru cenderung makin aktif seiring bertambahnya usia kecuali memang kesehatannya tidak memungkinkan.

Kalaupun secara fisik sudah tidak memungkinkan, yang terpenting untuk dipertahankan adalah kemesraan di antara kedua pasangan. Menurut Prof Kropp, sekedar berpegangan tangan atau saling menatap mesra sudah bisa membuat otak tetap aktif secara kognitif.
Source : health.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar